Bisakah Pijat Atasi Masalah Kesuburan?

 Selain membuat tubuh lebih rileks, pijat punya lima manfaat lain. (Foto: www.premasai.comPijat (massage) dapat mengobati masalah kesuburan. Selama 10 tahun, peneliti melakukan studi untuk melihat manfaat pijat bagi seorang perempuan yang tengah berjuang untuk hamil.
Pijatan fisioterapi di daerah panggul diyakini bisa membantu proses kehamilan wanita yang mengalami masalah jaringan parut di saluran tuba. Efek pijatan di panggul ini memberi hasil yang sama seperti bedah atau konsumsi obat-obatan.
Pijat merupakan bentuk pengobatan yang cukup brilian,” kata Katie Lights, pelatih terapis pijat yang tergabung dalam Aromatherapy Associates dikutip Daily Mail, Senin (25/5/2015).
Selain dapat membantu masalah kesuburan, pijat juga bisa membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh varises, hal yang biasa dialami oleh wanita yang tengah hamil.
Varises, jelas Katie, berkembang ketika katup kecil di pembuluh darah berhenti bekerja, sehingga darah mengalir dengan cara yang salah dan berkumpul di vena, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan.
Dan Katie menganjurkan melakukan lymphatic drainage, jenis pijatan lembut yang dapat mendorong saluran air (drainage) secara alami dari sistem getah bening. Namun, para terapis diminta untuk hati-hati dalam memijat pasien dengan kondisi seperti ini.
“Jika pijat tidak bisa menyembuhkan, setidaknya pijat jenis ini, di mana terapis menyentuh secara lembut dan ringan, dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan rasa sakit,” kata Katie.
Sumber : liputan6.com